Senin, 21 Maret 2011

Tokoh Ekonomi Indonesia

Selain Tokoh yang berpengaruh di dunia, ada tokoh ekonomi indonesi yang punya peran aktif dalam bidang ekonomi di Indonesia

 Beberapatokoh ekonomi Indonesia tersebut di antaranya adalah:
1. Muhammad Hatta (Bung Hatta)
Tokoh ekonomi ini sepertinya merupakan tokoh ekonomi yang paling berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi negara Indonesia. Beliau mendirikan satu badan usaha yang berlandaskan azas kekeluargaan dalam sistem pengelolaannya, atau yang sekarang ini sering kita sebut dengan Koperasi.
Oleh karenanya, sebagai simbol penghormatan, Bung Hatta mendapat julukan sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Sebagai seorang ekonom, Bung Hatta memulai kiprahnya pada usia yang sangat muda, 15 tahun. Ia tergabung dalam satu organisasi bernama Jong Sumatranen Bond sebagai seorang bendahara.
Kemudian pada 1922, Bung Hatta kembali ‘mengibarkan sayapnya’ didunia perekonomian Indonesia. Pada saat itu, ia kembali tergabung dalam satu organisasi bernama Indische Vereeniging, dan juga menjabat sebagai bendahara.
2. Prof. Dr. Soemitro Djojohadikoesoemo
Beliau adalah seorang pendidik di bidang ekonomi. Pada masa pemerintahan presiden Soeharto, ada beberapa murid beliau yang menjabat sebagai menteri. Seperti, Ali Wardhana, Widjojo Nitisastro, dan JB Sumarlin. Pada pemerintahan Indonesia, beliau pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan, Menteri Perindustrian, dan Menteri Riset dan Teknologi.
3. Syahril Sabirin
Beliau pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia. pada masa jabatannya, Syahril mengalami banyak sekali permasalahan, salah satunya yang terberat adalah ketika ia dipaksa mundur dari kursikepemimpinan BI. Syahril juga sangat menentang tindak korupsi, sama halnya dengan tokoh-tokoh ekonomi Indonesia yang lain.
Kiprahnya di dunia internasional juga tidak perlu diragukan. Beliau pernah menjabat di Bank Dunia selama tiga tahun sebagai Senior Financial Economist untuk wilayah negara Timur Tengah dan Afrika. 
4. Boediono
Boediono menjabat sebagai Wakil Presiden Periode 2009-2014, mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelum menjabat sebagai Wakil Presiden, Boediono pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia, dan berbagai jabatan menteri yang tentu saja masih berhubungan dengan dunia perekonomian Indonesia.
Pada saat menjabat sebagai Menteri Keuangan pada 2001, Boediono bisa membawa Indonesia bisa bebas dari bantuan Dana Moneter Internasional. Bersama dengan Menteri Koordinator Perekonomian, Dorodjaton Kuntjoro Jakti.  Boediono merupakan tokoh ekonomi yang dinilai pintar dalam mengelola ekonomi makro.
5. Sri Mulyani Indrawati
Beliau sepertinya merupakan tokoh ekonomi wanita satu-satunya yang dimiliki Indonesia. Meskipun demikian, pemikirannya mengenai ekonomi tidak bisa diremehkan. Beliau juga terpilih sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia sejak 2010. Menurut sebuah majalah bertaraf Internasional, Sri Mulyani menjadi tokoh wanita urutan ke-23 yang paling berpengaruh di dunia.
Pemikiran para tokoh ekonomi Indonesia, rupanya juga membawa pengaruh bagi dunia internasional, seperti yang terjadi pada Syahril Sabirin dan Sri Mulyani Indrawati. Sumbangan mereka terhadap negara Indonesia juga tidak bisa dikatakan sedikit. Semoga saja perekonomian di Indonesia akan ikut merasakan dampak positif yang dibawa oleh para tokoh-tokoh ekonominya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons